Jumat, 03 Oktober 2014

Pengertian mencangkok, menyetek, merunduk, okulasi, mengenten



1. Mencangkok
Mencangkok adalah menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm. Tumbuhan dikotil yang dicangkok akan memiliki akar serabut, bukan akar tunggang.

2.Menyetek
Menyetek Adalah reproduksi vegetative suatu tumbuhan dari potongan batang,daun,dahan, atau ranting yang kemudian di tanam. Setelah beberapa hari potongan batang berakar sehingga tumbuh individu baru.



3. Merunduk
Tumbuhan yang dikembangbiakan secara merunduk harus memiliki cabang atau ranting yang panjang. Merunduk dilakukan dengan cara membengkokan cabang atau ranting kedalam tanah dan ditanam dengan tanah
4. Okulasi
Okulasi (menempel, budding; red) adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya.





5.Mengenten

Menyambung atau mengenten adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul.


1 komentar: